Monday, January 2, 2012

SELAMAT DATANG 2012

Akhirnyaaaaaaaaaaaaaa berubah juga angka tahunnya setelah banyak bibir yang meniup terompet di seluruh dunia. aku sing nggak niup karena nggak beli. apa, bagaimana, di mana, bersama siapa malam tahun baru? kaku apa harapan di tahun naga ini? dan dimulai dengan cara apa tahun 2012 ini?
Memang aku nulisnya agak telat yaa, kenapa nggak tanggal satu kemarin. udah lah nggakpapa, yang penting masih bau-bau tahun baru :p


Jogjakarta sendiri malam tahun baru dihiasi dengan hujan dan selamatan tanggal satu hingga tanggal dua nggak tau dengan tanggal- tanggal dibelakangnya apakah masih hujan atau enggak. Sempat didoakan sama Mio Padrito a.k.a Bapak biar tetap hujan dan anak perawannya ini nggak jadi mengikuti acara malam tahun baruan di rumah temannya. Alhamdulillah yaa *mirip slogan penyanyi yang tahun kemarin naik daun karena menyambut kedatangan mantan pacarku* bisa datang ke rumah salah satu teman di dekat Kebun Binatang Gembira Loka dan dekat dengan my sexy school, Delayota. Di sana bukan acara yang penuh sesak oleh orang dengan baju yang menyilau mata atau makanan dan hisasan yang susah untuk diucapkan. Dengan sederhana dan penuh cinta kasih kami merayakan malam pergantian tahun dengan cara bakar, bukan bakar diri, tepatnya bakar ayam, jagung, tempe dan roti. kemudian sebelum pukul 00.00 kami Gladi Bersih menyalakan kembang api. Paaaaaaaaaaas Pukul 00.00, kami menyalakan kembang api berteriak kepada setiap orang yang lewat jalan raya "Happy New Year"

Selanjutnya, kami makan-makan dan bercerita dan bermain dan mengiseng teman lainnya. hmmm padahal kami makan itu sebelum tahun 2012, jadi kami makan satu tahun yang lalu :p hehehehehehe
cerita lucu yaa, tentang seseoran yang bernama Santi. ini orang bukan sembarang orang, makanya kita isengin. pas dia tidur, tangan dilumuri mentega, walhasil mukanya rata mentega. tak berhenti di situ, kami menyergap wanita ini dan mencoret-coret mukanya dengan spidol permanen dan miriplah dia dengan wanita yang bertato di seluruh bagian tubuhnya. "Maaf Santi :D"

Bagiku, perayaan tahun baru itu tidak harus dirayakan secara besar dan meriah. sebenarnya, dalam suatu kejadian tidak harus dilaksanakan secara besar-besaran, tetapi bagaimana kita bisa mengambil hikmah dari kejadian itu dan menjadi orang yang tumbuh dengan pengalaman yang pernah kita alami. karena itu akan menjadi guru,dosen,profesor yang ampuh! DIJAMIN DEH!

Semua orang pasti memiliki harapan setiap pergantian tahun. sama sih aku juga. harapan itu pastilah yang baik-baik dan tidak mengulangi kesalahan masa lalu. aku kasih tahu deh harapan di tahun 2012 ini yang mirip-miriplah sama harapan semua orang.

1. terutama, aku pengen melupakan, eh bukan, lebih tepatnya mengikhlaskan dan lilo legowo dengan kejadian yang paling akhir di tahun 2011. aku males ngungkit-ungkit masalah itu. aku mau itu biasa aja dan berhenti menyebut kejadian itu sebagai 'masalah'. itu hanya sedikit dari kisah hidup yang kurang baik. iyakaaan? jujur, secara aku pribadi, aku nggak bisa biasa aja, tapi biarkan waktu yang menjawab dan mengurai benangnya, jangan memaksa mengurai karena bisa saja itu putus dan tambah kusut.

2. dari diri sendiri, menjadi pribadi yang baik dan bijaksana. terlalu sering marah aku sih enggak, tapi mutungan alias ngambekan. di tahun itu, aku pengen belajar mengontrol emosi dan menahan diri dari apa yang aku anggap tidak pantas untuk dilakukan. berusaha dan berusaha dan berusaha dan mencoba :)

3. kuliah kuliah lancar. selama tiga semester bahkan hampir masuk ke semester empat ini aku ngerasa biasa aja loh, bahkan belum belum ada usaha sama sekali. cuma istilahnya formalitas aja. apa mungkin karena aku sendiri yang membuat itu yaa? di tahun ini semoga bisa nambah angka baik di kertas IP. setidaknya, aku bisa mengerti beberapa teori yang dasar dari kuliahku dan bisa berpendapat. tapiiiiiii janga R.E.M.P.I..A alias REMPONG sok-sokan pinter juga :D

4. penelitian yang jauh yang jauh.. Alhamdullilah yaa bisa penelitian sampai ke pulau sebrang, Pulau Kalimantan. dari sejak aku masuk Antropologi, memang tujuannya adalah bisa penelitian dan mengunjungi daerah lain. yang paling pengen adalah ke Papua dan NTT. itu akan jadi hal yang menyenangkan. PASTI! sebentar lagi, mau ke Pemalang, Jawa Tengah. harusnya bisa menikmati dan memberikan pembelajaran. dan penelitian itu, kita berwisata dan berlibur dengan cara yang berbeda. mengenal masyarakat dan belajar dari mereka. kita butuh mereka, di luar sisipan kata 'kepentingan' loh yaaa.

5. tidak monoton. maksudnya adalah, tidak kupu ceking atau KULIAH-PULANG-CERITA-NANGKRING aja loh yaa. harus lebih dewasa. kapan kita harus menjadi orang yang bermasyarakat dan berteman dan menjadi pribadi yang menghargai diri. aku yakin semua orang butuh yang namanya ruang sendiri dan bareng- bareng. bagaimana menyelaraskan kebebasan diri dan kebebasan bersama kawan dan teman?

6. lebih sayang kepada orang tua. salah satunya dengan tidak mengecewakan mereka dengan sesuatu yang membuat beliau-beliau *Nauzubillah* Mati Berdiri. harus bisa jaga diri dan ingat kalau ada orang tua yang sayang kepada kita. nurut sama mereka itu akan memberikan keuntungan yang sangat besar kepada kita :p
kalau di rumah gitu kan kewajiban nggak cuma belajar, tapi juga membantu meringankan tugas rumah tangga. kalo merasa sedikit berat, bayangkanlah kalian yang cewek ya jadi ibu rumah tangga yang menunggu suaminya pulang dengan cara bersih-bersih rumah, jangan bayangkan kita jadi istri orang kaya atau pejabat yang punya banyak pembantu. itu bakal lebih asiiikkk!! berangan yang memang bakal terjadi beberapa tahun kedepan.


itu ceritaku? bagaimana ceritamu? semua akan indah dan terjadi pada waktunya, bukan kita menyerah tapi yaaa itu takdir. tinggal kita mencoba dan berusaha :D
selamat tahun baru 2012. lembaran baru dan tantangan baru yang menjadikan kita dewasa sudah mulai diputar oleh Allah. Bismillah :D

No comments:

Post a Comment